Biokimia bikin pusing

Metabolisme Nitrogen dan Integrasi Metabolisme
Biokimia Umum

Jadi gaes sekarang merupakan pertama kali menulis tentang apa yang disebut tentang biokimia, tadi juga merupakan kali pertama gua mencatat apa yang dosennya bilang dan tentunya tadi gua merhatiin dosennya. Sebelumnya gua mau bilang kalo secara harfiah, biokimia merupakan gabungan dari bio dan kimia, berarti biologi dan kimia. Tapi sayangnya gua dapet nilai D di pelajaran biologi semester satu dan dapet C di pelajaran kimia semester 2, meskipun gua yakin sebenernya gua dapet D juga di kimia tapi ayolah, gua memang ngga punya dasar apa-apa di biokimia ini. Andai saja mengikuti blog ini dapat membuat anda memiliki ilmu setara dengan sarjana perikanan program studi teknologi dan managemen perikanan budidaya ipb, maka gua memohon maaf apabila nilai kalian dapet D di biokimia.

Jadi dari metabolisme nitrogen gua hanya mencatat tentang asam amino yang gua ngga tahu apa hubungannya, tapi gua mau bagi sedikit pengetahuan gua kalo di hewan yang seperti hewan laut ketika ia dibakar maka ia akan berwarna merah ketika matang. Itu karena pengaruh dari asam aminonya. Semoga gua bener itu. Nah terus gua juga tulis kalo orang yang DBD akan diperiksa hatinya, karena bisa jadi telah terjadi kerusakan pada hati. meskipun sebenarnya gua ngga tau apa hubungannya. Juga ada yang gua tulis kalo asam urat itu merupakan produk dari protein yang berlebih, oleh karena itu gua saranin jangan cuma makan daging. cobalah sekali-kali makan ikan, apalagi ikan laut dagingnya enak banget. Terus ada tulisan glukogenik dan ketogenik yang gua sama sekali ngga tau apa itu. nah diakhir si dosennya ngasi nasehat kalo belajar itu jangan dihafal doang tapi harus dipahamin juga. Maaf pak, saya emang nggak ngerti makanya ngga paham. Kayak saya dikatain ngga pernah sekalipun ngertiin perasaan cewe.

Oke, kemudian lanjut ke kuliah yang kedua yaitu integrasi metabolisme. sebenarnya disini saya juga ngga tahu banyak, tapi salah satu yang dibahas adalah kelaparan. Katanya apabila ada seseorang yang memiliki berat sebesar 60 kg, maka ia dapat bertahan hidup dengan tidak makan hingga 1-3 bulan. Itu adalah angka yang sungguh fantastis untuk membuat seseorang tersiksa dengan kelaparan. Kebayang ia harus menunggu maut selama satu bulan apalagi tiga bulan. Apakah ia kebagian malaikat maut yang seorang tua renta sehingga jalannya lama? Sungguh mengerikan.

Tapi faktanya bahwa berapa kali kita makan sehari tidak terlalu mempengaruhi. Yang mempengaruhi adalah jumlah glukosa yang kita punyai untuk kemudian dikonversikan menjadi energi. Tapi yang kemudian melintas di pikiran gua kalo orang dulu, sebelum ditemukannya pertanian intensif, berapa kali ia makan sehari. Dalam benak gua terbayang ketika ia bangun, belum ada makanan yang terhidang di meja makan, kemudian dengan lemas ia harus keluar mencari buruan. Ketika matahari telah hampir terbenam mereka pulang membawa hasil buruan untuk kemudian dimasak menjadi sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika hari itu dia tidak berhasil membawa satupun hasil buruan maka keesokan harinya mereka akan sarapan,makan siang, makan malam, sarapan, makan siang, dan makan malam dalam satu sesi saja. Sungguh luar biasa.

Kemudian bapak dosen tadi menyinggung soal biosignaling, bagaimana seekor hewan ataupun tanaman, ataupun organisme lainnya dapat berkomunikasi satu sama lainnya. Hal ini lah yang kemudian membuat saya mengingat tentang jamur. Taukah teman-teman sekalian bahwa sebenarnya organisme terbesar di muka bumi ini bukannya paus biru. Lah terus? Bukan pula janji orang yang sedang pdkt ke elo, tapi yang mencengangkan karena organisme terbesar yang ada di dunia dipegang oleh jamur. Jamur dengan nama latin Armillaria Solidipes, yang merupakan jamur yang ditemukan di kawasan Blue Montains, Oregon, Amerika Serikat.

Seberapa besar jamur tersebut sehingga dapat mengalahkan si paus biru? Disini saya ingin meluruskan dulu karena di kalangan ilmuwan sendiri pengertian tentang organisme individu itu masih menjadi pertanyaan. Tapi jika disini kita sepakat bahwa organisme individu merupakan sel-sel yang secara genetik identik, dapat berkomunikasi, mempunyai tujuan yang sama ataupun setidaknya dapat mengorganisasikan diri mereka sendiri, maka jelas bahwa jamur ini merupakan organisme individu terbesar.

Membahas tentang jamur, di indonesia maupun di dunia ada segelintir orang yang mempopulerkan ataupun juga mengidolakan organisme yang satu ini. Beberapa ada yang percaya bahwa jamur ini memiliki kekuatan yang medis. Ada yang percaya bahwa jamur ini dapat membukakan tabir kita sebagai seorang mahluk dan bersatu dengan semesta. Banyak orang yang mengsucikan jamur sebagai suatu barang yang sakral dan keramat. Ada yang menggunakan sebagai bahan-bahan untuk menghasilkan sihir, juga banyak dipakai oleh shaman dalam suatu persembahan ataupun pembuatan bahan rahasia. Jamur memiliki banyak kemampuan luar biasa yang mungkin kita semua belum tahu, namun hal itu akan saya bahas terpisah nantinya.

Sekian yang saya ingat saya dapatkan pada kuliah tadi, terima kasih :)

Komentar

Postingan Populer