Menulis I Love U di Atas Laut

PRODUKTIVITAS BIOLOGI DAN TRANSFER ENERGI
OSEANOGRAFI UMUM

Jadi, sekarang gua mau jelasin tentang mata pelajaran oseanografi yang gua pelajari tadi. Sebenernya sih ini merupakan interdept, atau antar departemen mata pelajarannya. Meskipun bukan pelajaran inti tapi diharapkan ilmu yang dipelajari disini kemudian akan bermanfaat di kemudian hari dalam kegiatan budidaya, sungguh politis sekali saya. Langsung aja sih gaes.

Tadi sebenernya gua ngga belajar banyak yah, soalnya gua juga ngerasa ngga ngerti juga, tapi gua akan memberikan beberapa yang berhasil gua inget dan beberapa yang berhasil gua catet, semoga bakalan membantu kalian untuk menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Produktivitas Biologi, apasih itu? jadi kalo lagi-lagi merujuk pada namanya mungkin suatu organisme biologi yang produktif, karena ini laut mungkin kita akan membahas ikan paus biru, kan dia merupakan hewan terbesar jadi mungkin dia juga merupakan hewan dengan po*p terbesar dan terbanyak sehingga menjadi hewan yang produktif di lautan. Tapi ternyata kuliah tidak semudah itu ferguso. Ada banyak hal yang sebenarnya tidak berhubungan dibuat seakan-akan berhubungan dalam kuliah sehingga menyulitkan kita untuk cumlaude. hiks.

Jadi, pengertian sebenarnya dari produktivitas biologi adalah seberapa banyak sumber daya biologis yang berada di suatu perairan, jadi seperti jika di pantai selatan jawa terdapat banyak komoditas seperti ikan tuna, ikan tongkol, ikan tenggiri, nyi roro kidul, dll. terlihat bahwa di pantai selatan jawa memiliki banyak keragaman dan mungkin dari produktivitas biologinya tinggi. Tapi karena kita berbicara sains, maka harus ada sesuatu yang dapat diukur dari situ, kemudian dari situ muncullah satuan yang menentukan ukuran produktivitas biologi dari suatu kawasan. Berdasar pada setiap mahluk hidup akan mengeluarkan Carbon, maka satuannya merupakan gC/ml/tahun. Kenapa satuannya harus memakai tahun? karena kadang setiap musim memiliki produktivitas yang berbeda dan berulang setiap tahunnya.

Adapun fakta menarik adalah, sebagian besar lautan yang dekat dengan daratan memiliki produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang jauh, apalagi laut lepas. Ini menunjukkan bahwa ada mahluk laut sejenis manusia yang menghuni laut lepas dan sekelilingnya sehingga binatang laut liar tidak berani untuk mendekat kesana. Seperti jika kita mengukur jumlah kepadatan hewan liar maupun peliharaan maka akan didapat bahwa semakin dekat dengan perkotaan maka jumlah hewan akan semakin berkurang.

Bapak dosen juga membahas tentang perkembangan alat untuk menyensor di laut dan kemudian menyarankan untuk menggunakan modis dari satelit aqua. Apa itu modis? menurut wikipedia "Moderate-resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) adalah instrumen ilmiah yang diluncurkan ke orbit bumi oleh NASA pada tahun 1999 di atas satelit Terra (EOS AM) dan pada tahun 2002 di atas satelit Aqua (EOS PM). Instrumen menangkap data dalam 36 spektrum gelombang antara 0,4 mikrometer hingga 14,4 mikrometer dan resolusi spasial yang bervariasi. Instrumen mengambil gambar bumi setiap 1 hingga 2 hari. Instrumen ini didesain untuk melakukan pengukuran dalam dinamika global skala besar termasuk perubahan tingkat penutupan awan, budget energi bumi, dan berbagai proses atmosferik yang terdapat di lautan, daratan dan atmosfer bagian bawah. Tiga kalibrator di instrumen tersebut (satu solar diffuser dikombinasikan dengan pemantau stabilitas solar diffuser, radiometrik spektral, dan benda hitam) menyediakan kalibrasi selama penerbangan berlangsung.
Instrumen MODIS berukuran (1,0 x 1,6 x 1,0) m, berat 228,7 kg, dan tenaga sebesar 162,5 Watt. MODIS juga memiliki teleskop dengan diameter 17,78 cm. Secara keseluruhan, instrumen ini didesain untuk bertahan selama 6 tahun." 

Terima Kasih wikipedia. Jadi jika anda juga ingin mencari data tentang sesuatu di laut dan ada yang merupakan parameter yang diukur satelit aqua maka anda dapat mencarinya di internet, tidak usah susah-susah untuk berenang ke samudra lepas dan mengambil sampel lalu mengukur di lab. Terima kasih satelit aqua.

Hal terakhir yang pengen gua bahas dari pelajaran ini adalah tentang blooming algae. Untuk kalian yang sudah tahu ngga usah baca satu kalimat selanjutnya karena dikhususkan untuk yang belum tahu apa itu blooming algae. Jadi blooming algae adalah ketika populasi alga meledak karena ketersediaan makanan yang melimpah. Jadi karena banyak makanan sehingga semua alga bereproduksi maksimal sehingga populasinya meledak dan membuat organisme lain disekitarnya terganggu dan seringkali membuat kematian massal. Hal ini seringkali membuat warna laut berubah sesuai dengan warna alganya. Tapi ada satu hal yang gua bayangkan tentang blooming algae ini, ketika bisa mengendalikan wilayah ketersediaan nutrien melimpah itu, kita kemudian mungkin bisa membuat bentuk kawasan alga sesuai dengan yang kita inginkan, mungkin kita tidak lagi cuma menulis nama kita love nama dia di pasir, mungkin suatu hari kita bisa menulisnya di atas laut, dan melihatnya dari citra satelit.


Mungkin itu aja yang nyangkut, gua cukupkan. Terima Kasih :)

Komentar

Postingan Populer